Bisnis Kelapa yang Menggiurkan


Kelapa (Cocos nucifera) adalah satu jenis tumbuhan dari suku aren-arenan atau Arecaceae dan adalah anggota tunggal dalam marga Cocos. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serba guna, khususnya bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.(wikipedia)
Bisnis kelapa barangkali salah satu bisnis yang paling menguntungkan saat ini, dimana semua bagian dari buah kelapa bisa menghasilkan uang, berikut saya coba uraikan satu persatu bagian dari buah kelapa yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.
Batok Kelapa/Tempurung kelapa, dapat dijadikan arang dan dijadikan briket, asap cair hasil pembakaran  dengan cara pirolisis dapat digunakan sebagai pengawet makanan, kalau tidak mau dijadikan arang/briket batok kelapa bisa dijadikan tepung batok kelapa ini digunakan untuk bahan campuran untuk membuat obat nyamuk.
Daging kelapa/buah kelapa dapat dijadikan minyak kelapa,santan dan dapat dijadikan kopra, kalau buah kelapanya bagus dan sudah tua bisa dijadikan kopra putih tentunya dengan menggunakan oven kopra/mesin pengering kopra(klik link berikut Oven Kopra )dan kelapa yang rusak/terlalu tua dapat dijadikan kopra asap/kopra hitam prosesnya hamper sama dengan pembuatan kopra putih yaitu dengan menggunakan mesin pengering/oven kopra.
dan yang terakhir air kelapa dapat digunakan untuk membuat nata decoco

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toleransi Geometri (Geometric Tolerance)

Tiga Aplikasi Boros Data Internet

Panas Jenis dan Berat Jenis Udara