Pemanfaatan Pembakaran Arang Batok Kelapa Untuk Pengeringan

Pembuatan arang batok kelapa dengan menggunakan drum banyak digunakan oleh petani atau pengusaha arang untuk membuat arang batok kelapa yang berkualitas baik, tapi panas yang dihasilkan waktu pembuatan arang batok belum dimanfaatkan dengan baik, pada proses pembuatan arang batok suhu yang dihasilkan didalam drum bisa mencapai 500 C lebih.

Kalau kita ukur dinding drum bagian luar sewaktu proses pembuatan arang batok dengan menggunakan infrared termometer suhu dinding bisa mencapai 200 C. Suhu yang cukup tinggi ini bisa kita manfaatkan untuk proses pengeringan hasil pertanian, laut dlln seperti buah kelapa untuk dijadikan kopra, pengeringan cengkeh, ikan, buah coklat, rumput laut, briket batok kelapa dll.
Dengan merubah bentuk dari drum arang batok kita bisa memanfaatkan panas yang dihasilkan waktu pembuatan arang batok untuk proses pengeringan, Tungku arang batok ini bisa berbentuk bulat atau segi empat dengan menggunakan plat besi yang tebal tungku arang batok ini bisa bertahan lama. Berikut spesifikasi dari tungku arang batok untuk proses pengeringan :


  1. Dimensi, panjang 70 cm, tinggi 80 cm dan lebar 70 cm
  2. Bahan plat bordes 1,8 mm bagian dalam. Dan plat eser 1,2 mm bagian luar.
  3. Blower 180 watt.
  4. isolasi panas.
 Tungku diatas bisa juga digunakan untuk membuat arang kayu dll. Dimensi diatas bisa berubah-ubah disesuaikan dengan kebutuhan.
Untuk pemesanan dan penjelasan lebih lanjut dapat menghubungi Yefri Chan.ST.MT HP : 081310607628 Pin BB 22D11A65, atau alamat Lab. Teknik Mesin, Universitas Darma Persada, Jl. Radin Inten II, Pondok Kelapa , Jakarta Timur.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toleransi Geometri (Geometric Tolerance)

Tiga Aplikasi Boros Data Internet

Panas Jenis dan Berat Jenis Udara