Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengeringan



Faktor-faktor yang mempengaruhi pengeringan ada dua golongan, yaitu faktor yang berhubungan dengan udara pengering dan faktor yang berhubungan dengan sifat bahan yang dikeringkan. Faktor-faktor yang termasuk golongan pertama adalah suhu, kecepatan volumetrik aliran udara pengering dan kelembaban udara.
a)                  Luas Permukaan
Air menguap melalui permukaan bahan, sedangkan air yang ada dibagian tengah akan merembes kebagian permukaan dan kemudian menguap. Untuk mempercepat pengeringan umumnya bahan yang akan dikeringkan dipotong-potong atau dihaluskan terlebih dahulu. Hal ini terjadi karena :
1        Pemotongan atau penghalusan tersebut akan memperluas permukaan bahan dan permukaan yang luas dapat berhubungan dengan medium pemanasan sehingga air mudah keluar.
2        Partikel-partikel kecil atau pun lapisan yang tipis mengurangi jarak dimana panas harus bergerak sampai ke pusat bahan. 

b)                  Perbedaan Suhu dan Udara Sekitar
Semakin besar perbedaan suhu antara medium pemanas dengan bahan, makin cepat pemindahan panas kedalam bahan dan makin cepat pula penghilangan air dari bahan. Air yang keluar dari bahan yang dikeringkan akan menjenuhkan udara sehingga kemampuannya untuk menyingkirkan air berkurang. Jadi dengan semakin tinggi suhu pengeringan maka proses pengeringan akan semakin cepat. Akan tetapi bila tidak sesuai dengan bahan yang dikeringkan, akibatnya akan terjadi suatu peristiwa yang disebut “casehardening”, yaitu suatu keadaan dimana bagian luar bahan sudah kering sedangkan bagian dalamnya masih basah.
c.) Kecepatan Aliran Udara
Udara yang bergerak dan mempunyai gerakan yang tinggi selain dapatmengambil uap air juga akan menghilangkan uap air tersebut dari permukaan bahan pangan, sehingga akan mencegah terjadinya atmosfirjenuh yang akan memperlambat penghilangan air. Apabila aliran udaradisekitar tempat pengeringan berjalan dengan baik, proses pengeringan akansemakin cepat, yaitu semakin mudah dan semakin cepat uap air terbawa dan teruapkan.
d.) Tekanan Udara
Semakin kecil tekanan udara akan semakin besar kemampuan udara untukmengangkut air selama pengeringan, karena dengan semakin kecilnyatekanan berarti kerapatan uadara makin berkurang sehingga uap air dapat lebih banyak tertampung dan disingkirkan dari bahan. Sebaliknya, jikatekanan udara semakin besar maka udara disekitar pengeringan akan lembab, sehingga kemampuan menampung uap air terbatas danmenghambat proses atau laju pengeringan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toleransi Geometri (Geometric Tolerance)

Tiga Aplikasi Boros Data Internet

Panas Jenis dan Berat Jenis Udara