Pengertian High Cycle Fatique (HCF)



High Cycle Fatique terbagi atas 2 jenis yaitu :
1. Finite Life Fatigue
2. Infinite Life Fatigue

·        Finite Life Fatigue
Kekuatan fatigue dimana High cycle fatigue dimulai (Sl’) dapat diaproksimasi menggunakan persamaan berikut:
Sl = 0,9 Su Untuk beban bending
Sl = 0,75 Su Untuk beban aksial
Sl= 0,72 Su Untuk beban torsi
Keterangan:
Sl
Kekuatan fatigue saat
dimulainya High Cycle
Fatigue
Su
Kekuatan ultimate

Dalam banyak aplikasi, jumlah tegangan siklus pada komponen selama umur operasi adalah antara 103 – 107 siklus. Contoh komponen yang dirancang untuk kondisi ini adalah: engsel pintu mobil, panel badan pesawat, dan pemukul softball aluminium.


·        Infinite Life Fatigue
Sejumlah aplikasi diputuskan mempunyai umur tak terhingga (infinite life). Untuk umur tak terhingga ditetapkan jumlah siklus lebih dari jumlah siklus yang menegaskan adanya endurance limits yang biasanya dipakai 106 .
Siklus untuk material baja. Material yang tidak mempunyai endurance limits tidak dapat didesain untuk umur tak terhingga. Contoh material yang tidak mempunyai endurance limits adalah aluminium, sehingga komponen yang berbahan aluminium hanya bisa dirancang untuk batas umur tertentu (finite life).
Komponen yang dibuat dari bahan material ferrous dan paduan titanium dapat dirancang untuk umur tak terhingga. Pada dasarnya dalam merancang komponen dengan umur tak terhingga, seorang perancang menentukan endurance limit material komponen tersebut dan menggunakannya sebagai tegangan yang diijinkan. Kemudian ukuran, dan pemilihan komponen dapat dianalisis hanya dengan menggunakan analisis statik saja.

(Sumber :  BUKU AJAR DASAR-DASAR PERANCANGAN MESIN, Dhimas Satria ST, M.Eng, UNTIRTA )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toleransi Geometri (Geometric Tolerance)

Tiga Aplikasi Boros Data Internet

Panas Jenis dan Berat Jenis Udara