PENAHANAN SUHU ( HOLDING TIME )


Holding time dilakukan untuk mendapatkan kekerasan maksimum dari suatu bahan pada proses quenching dengan menahan pada temperatur pengerasan untuk memperoleh pemanasan yang homogen sehingga struktur austenitnya homogen atau terjadi kelarutan karbida kedalam austenit dan difusi karbon serta unsur paduannya.

Pedoman untuk menentukan holding time dari berbagai jenis baja :
·         Baja Konstruksi Dari Baja Karbon Dan Baja Paduan Rendah yang mengandung karbida yang mudah larut, diperlukan holding time yang singkat, 5 – 15 menit setelah mencapai temperatur pemanasannya dianggap sudah memadai.
·         Baja Konstruksi Dari Baja Paduan Menengah dianjurkan menggunakan holding time 15 – 25 menit, tidak tergantung ukuran benda kerja.
·         Low Alloy Tool Steel memerlukan holding time yang tepat agar kekerasan yang diinginkan dapat tercapai. Dianjurkan menggunakan 0,5 menit permilimeter tebal benda atau 10 sampai 30 menit.
·         High Alloy Chrome Steel membutuhkan holding time yang paling panjang diantara semua baja perkakas juga tergantung pada temperatur pemanasannya. Diperlukan juga kombinasi temperatur dan holding time yang tepat. Biasanya dianjurkan menggunakan 0,5 menit permilimeter tebal benda dengan minimum 10 menit dan maksimum 1 jam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toleransi Geometri (Geometric Tolerance)

Tiga Aplikasi Boros Data Internet

Panas Jenis dan Berat Jenis Udara