PENIPUAN MENGATASNAMAKAN TOKOPEDIA DAN BUKALAPAK

Saya menceritakan pengalaman pribadi, dimana akun Tokopedia dan Bukalapak saya sempat dihack/dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, pristiwa ini terjadi pada hari jumat tanggal 28 juni 2019, No telp pelaku adalah : 0816xxx451.

Melalui sambungan handphone pelaku mengatakan akun Tokopedia kita dengan alamat yang sesuai didalam akun Tokopedia mendapat hadiah sebesar Rp.2.000.000, dan kita diminta untuk mengecek akun kita langsung, pelaku memanfaatkan kondisi kalau kita lagi sambungan telp biasanya kita buka akun Tokopedia secara bersamaan maka akun Tokopedia akan lambat responnya, untuk meyakinkan kita pelaku akan mengatakan mengirim OTP melalui SMS dan kita diminta untuk memberi tahu OTP yang dikirim.



Ketika OTP dikirim atas nama Tokopedia dan Bukalapak, dan kita memberi tau pelaku pada saat itulah sebenarnya akun tokopedia kita dibajak, cara pelaku membajak akun Tokopedia dan Bukalapak kita dengan mengganti No telp yang tertera diakun, dan pelaku dengan leluasa akan belanja lewat akun kita.

Pelaku sempat belanja beli pulsa lewat akun Tokopedia saya, saya masih beruntung akun Tokopedia belum terafiliasi ke akun OVO PayLater. Saya langsung melaporkan kejadian ini Pusat Bantuan Tokopedia, dan masalah akun saya yang dibajak bisa dikembalikan seperti semula lagi. Untuk pembaca supaya terhindar dari kasus seperti ini seharusnya.
1. Jangan pernah memberi tau kode OTP yang dikirim via SMS ke orang yang tidak dikenal
2. Customer Service Tokopedia dan Bukalapak tidak pernah menggunakan Jaringan Handphone.
3. Secepatnya melapor ke pusat bantuan Tokopedia atau Bukalapak jika mengalami kasus serupa.

Demikian semoga dapat membantu sharing pengalaman ini. Terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toleransi Geometri (Geometric Tolerance)

Tiga Aplikasi Boros Data Internet

Panas Jenis dan Berat Jenis Udara